• info@klinikcipanas.com
  • 085315181800

Klinik Cipanas Gelar USG Gratis Guna Tingkatkan Akses Perawatan Kehamilan Berkualitas

Antenatal Care adalah layanan pemeriksaan untuk ibu hamil dengan tujuan untuk memantau serta memastikan kesehatan ibu dan janin selama masa kehamilan. Kegiatan yang dilaksanakan meliputi identifikasi risiko, pencegahan komplikasi kehamilan, serta edukasi dan promosi kesehatan. Antenatal care juga mencakup pemeriksaan ultrasonografi (USG). Pemeriksaan ini memungkinkan penyediaan informasi visual mengenai janin melalui gelombang suara berfrekuensi tinggi. Ibu hamil direkomendasikan untuk melaksanakan pemeriksaan antenatal secara rutin minimal enam kali selama masa kehamilan untuk menghindarkan risiko terhadap ibu dan janin. Sementara itu, USG disarankan dilakukan minimal sejumlah tiga kali selama masa kehamilan.
USG terbilang pemeriksaan yang relatif mahal apabila dibayar secara pribadi oleh pasien umum. Meskipun telah dapat dilaksanakan secara gratis di Puskesmas, belum seluruh lapisan masyarakat menikmati akses pemeriksaan USG. Kendala jarak dan tidak memiliki BPJS menjadi kendala utama sebagian masyarakat tidak melakukan USG rutin. Klinik Cipanas melihat adanya kekurangan akses masyarakat, terlebih yang belum memiliki BPJS untuk melakukan pemeriksaan USG. Tergerak oleh hati nurani dan keinginan untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat, khususnya kesehatan ibu dan bayi, Klinik Cipanas menggagas program USG gratis.
Dalam kerangka Academic Health System, Klinik Cipanas berkolaborasi dengan dokter muda Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran melaksanakan pemeriksaan antenatal dan USG gratis selama bulan ramadhan. Sebelumnya Klinik Cipanas juga memberikan pengetahuan dasar kepada dokter muda FK Unpad terkait pemeriksaan USG. Diharapkan melalui kegiatan ini yang dilaksanakan dalam bulan penuh berkah, dokter muda FK Unpad dapat memperoleh ilmu baru, sementara masyarakat turut memperoleh keberkahan berupa akses yang lebih baik terhadap fasilitas kesehatan, khususnya untuk ibu hamil sehingga kesehatan ibu dan janin lebih terjamin.
Penulis : Noah, Dokter Muda Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran