• info@klinikcipanas.com
  • 085315181800

Kenali Penyakit Cacar Monyet (Monkeypox) bersama Klinik Cipanas dan Dokter Muda FK Unpad

Cacar Monyet (Mpox atau Monkeypox) merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dari spesies Orthopoxvirus. Monkeypox pertama kali ditemukan pada monyet penelitian di Denmark pada tahun 1958. Kasus infeksi Mpox kemudian pertama kali ditemukan pada bayi laki-laki berusia sembilan bulan di Republik Demokratik Kongo pada tahun 1970.

World Health Organization (WHO) mendeklarasikan wabah cacar monyet sebagai Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang Meresahkan Dunia (KKMMD) pada 14 Agustus 2024. Klinik Cipanas turut merespons deklarasi WHO tersebut dengan melakukan edukasi mengenai cacar monyet melalui artikel dan penyuluhan mingguan bersama dokter muda Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran.

Penyebaran Cacar Monyet

Seseorang dapat terinfeksi cacar monyet melalui hewan atau manusia yang terinfeksi dan kontak dengan benda yang terkontaminasi virus. Penularan dari hewan ke manusia dapat terjadi melalui gigitan atau cakaran, kontak dengan cairan tubuh atau kotoran, ataupun konsumsi daging hewan yang terinfeksi. Penularan dari manusia dapat terjadi melalui kontak langsung kulit-dengan-kulit, kontak seksual, kontak dengan cairan atau lesi tubuh penderita yang terinfeksi. Seseorang juga dapat terinfeksi melalui kontak dengan benda yang terkontaminasi, penggunaan handuk, pakaian, atau tempat tidur bersama penderita. Masih terdapat perdebatan mengenai penyebaran virus melalui udara.

Gejala Cacar Monyet

Gejala cacar monyet biasanya muncul 1-21 hari setelah seseorang terinfeksi Mpox. Penderita umumnya mengeluhkan adanya ruam kulit, demam, menggigil, sakit kepala, nyeri otot, nyeri tenggorokan, kelelahan, nyeri punggung, serta pembengkakan kelenjar getah bening di leher, ketiak, atau selangkangan. Ruam kulit umumnya muncul dari wajah dan menyebar ke seluruh tubuh, dan terasa gatal. Ruam kulit awalnya berupa bintik merah yang kemudian berkembang menjadi bentol berisi cairan atau nanah, dan menjadi keropeng. Penderita dapat menularkan penyakit sejak munculnya gejala awal hingga keluhan ruam kulit sembuh sempurna.

Pencegahan Cacar Monyet

Berikut adalah langkah-langkah pencegahan dari infeksi Mpox:

1. 1. Mencuci tangan enam langkah dengan air mengalir dan sabun
  2. 2. Membersihkan dan melakukan disinfeksi benda-benda atau permukaan yang sering disentuh
  3. 3. Menghindari kontak langsung dengan penderita yang terinfeksi
  4. 4. Menghindari kontak dengan binatang yang terinfeksi
  5. 5. Menggunakan masker di fasilitas umum

Apabila merasakan gejala cacar monyet atau baru saja kontak dengan penderita, lakukan hal-hal berikut:

1. 1. Memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan
  2. 2. Melakukan isolasi di rumah dengan ventilasi yang baik atau di fasilitas kesehatan
  3. 3. Mandi dengan air hangat
  4. 4. Minum obat pereda nyeri dan demam
  5. 5. Menggunakan masker dan menutup lesi apabila berada di fasilitas umum atau bersama dengan orang lain
  6. 6. Menghindari kontak seksual
  7. 7. Tidak menggaruk bintik atau bentol
  8. 8. Tidak menyentuh benda di fasilitas umum atau fasilitas bersama

Sumber:

1. 1. Adams, J.L. (2022) How does mpox start? Plus, 5 pictures to show how The bumps progress, Nebraska Medicine. Available at: https://www.nebraskamed.com/infectious-diseases/mpox/how-does-mkpox-start-plus -5-pictures-to-show-how-the-bumps-progress.
  1. 2. Centers for Disease Control and Prevention, (2024) Mpox, Centers for Disease Control and Prevention. Available at: https://www.cdc.gov/poxvirus/mpox/index.html.
  2. 3. Promosi Kesehatan, Tim Kerja Hukum dan Humas – RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten (2024) Waspada Infeksi Cacar Monyet (Monkeypox), Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Available at: https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/3619/waspada-infeksi-cacar-monyet-monke ypox.
  3. 4. World Health Organization (2024) Mpox, World Health Organization. Available at: https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/mpox.
  4. 5. Yonts, A.B. (2022) Everything you need to know about Monkeypox, Rise and Shine by Children’s National. Available at:

https://riseandshine.childrensnational.org/everything-you-need-to-know-about-monke ypox/.

Penulis: Aliya Numasari Putri
Dokter Muda FK Unpad 2020